Media inspirasi remaja indonesia untuk berkarya lebih baik dalam mengupayakan pembangunan dan pengembangan karakter positif bagi para remaja agar tetap solid dan tetap di depan.

Sabtu, 02 Maret 2013

Sejarah singkat multimedia generasi pertama smk nuurul muttaqiin cisurupan @2011




Siswa berprestasi Multimedia generasi pertama
smk nuurul muttaqiin cisurupan garut 1
WE CAN DO ANY THING !!




Semester awal
             Mulai dari yang menyenangkan..menyedihkan bangga dan t6akut seakan menjadi takut dalam satu… seperti gado dado yang diolah dan hasilnya menjadisebah kenikmatan yang tiada tara.. tak ada yang terbuang,  memang indah rasanya ketika kita bersama seakan akan selamanya tak akn terpisahkan oleh waktu… padahal itu semua akan berakhir dengan perlahan demi perlaha tak terasakan….
        Kami adalah siswa siswi SMK nuurul muttaqiin cisurupan yangmencoba meraih satu impian diangkasa bersama bintang bintang impian yang perlu digapai…  yang menaruhkan cita cita tuk menjadi orang yangsukses dengan mencoba masuk keprogram Multimedia yang katanya amat bergengsi di masa ini…
Kami adalah siswa multimedia angkatan pertama, yang menjadi tonggak pertama … kami masuk dengan tujuan yang satu… padahal kita berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda bahkan dari perbedaan latar kepribadian  yangberbeda… pada hari itu kami berjumlah 48 orang ang dimuat dalam satu ruangan saja..
Di awal hari kita berjumpa, diantara kita trak lah saling mengenal satu sama lainnya… namun seiring berjalannya  waktu dan kebutuhan kita pun hari demi hari saling mengenal satu sama lain… dan saling melengkapi… walau tak selengkap… itulah..
Wali kelaspertama kali yaitu bapak Alpin T dengan Kajur Bpk. Asep Rahmat H, mereka adalah orang yang turut berjasa dalam perkembangan kami…
Dalam ruangan kelas yang sempit dengan penghuni yang cukup padat membuat kondisi kelas sungguhlah tidak nyaman.. duduk berdempetan di kursimngil, hingga dalam satiu meja tyetrdiri dari 3-4 orang siswa yang mendiaminya.. bahkan sewaktu belajar pn kami taklah merasakan kenyamanan.. siswa pada rebut, keringat bercucuran melatih kesabaran.. bahkan dalam kodisi pelajaran produktif pun tak jauh berbeda… computer, praktik pun harus rela berbagi waktu dangiliran… namun walau begitu kami tetap belajar dengan konsentarasi yang dipertahankan…. Sungguh ironi memang… namun, dri kondisi seperti itu kjita jugadapat bljar untuk menmbah rasa soloidaritasdiantara kami.. dan lebih mengenal kepribadian kepribadian kami….
Dan itulah sepenggal cerita awal pertama kita masuk..
SEMESTER 2
Enam bulan pun berlalu
Para guru, pengajar dan para siswa pun mulai menyadari tentang kondisi yang seperti itu trasa kurang nyaman untuk belajar dan mengembangkan bakat..dan bahkan menurut peraturan yang berlaku, bahwa jumlh siswa dalam satu ruangan itutak boleh lewat dari 36orang siswa, sedangkan kami 48 siswa.. apa kata dunia..?? dan akhirnya pada awal semester 2, kami pun dipisahkan menjadi 2 dua kelas yakni MM1 dan MM2 dengan jumlah masing masing kelas 24 siswa… dan uniknya jumlah siswa priadan wanita juga sama lho.. 12-12. Hehe… namun disamping kami senang karena dipisah dan tak Pasedek Sdek deui kami pun merrasa sedih karena kami harus berpisah keklas dari teman teman dekat kami.. yangwalaupun baru kenal beberapa bulan ini… tapi ikatan jiwa kami sudah cukup dalam… namun walaupun begitu kami tetap menerima pemisahan itu.. dan kini sejarah 6 bulkan yang sama harus dipisahkan dalam 2 dua kolom sejarah yang berbeda, kesolidan yang berbeda pula…
Bnanyak sedikit perubahan pun kami rasakan, walau kelas MM1 dan MM2 berdampingan namun dirasakan memang tambah renggang…. Tapi kalau dalam bidang kademik dan kenyamanan belajar kami rasakan membaik, bahkan perhatian dari para guru pada kami pun semakin baik, mungkin karena jumlah siswa yang sedikit dan terjangkau dan diantara siswa pun saling mengenal lebih dala lagi….
Pada masa ini wali kelas pun berbgi antara pak Alpin di MM1 dan Pak Asep di MM2…
2 kolom sejarah berbeda..
Namun kami berbeda ruangan ketika belajar, namun lkami masih memiliki kesamaan dalam hal pembelajaran.. namun ada yang berbeda tentunya bergantung pada cara penangkap[an inpormasi pada kami masing masing… seiring pejalanan waktu…pembelajaran pun semakin banyak dan semakin menantang untuk di ikuti, dipahami ditaklukan dan diamalkan…. Sehingga menambah ilmu dan wawasan kami…..
Walaupun tak mudah ilmu itu kami dapatkan akmi harus terus berusahalebih giat lagi dan cepat tanggap… dan itulah yang diajarkan oleh para guru kami… tempaan materi dan soal soal menjadi bahan latihan kami unuk menjadi yanbf lebih baik lagi.. walaupun diperjalanannbya kami dihadapkan padasipat malas, jenuh, boan dan lainnya.. tapi kami tetap berusaha dengan giatnya.
Diantara pelajaran pelajaran baru itu..ada satu yang baru, yang tentunya tak diajarkan di program jurusan laiN.. yakni membuat sebuah Blog” yang mana ini merupakan salahsatu tantangan bagi kami Mengapa? Karena kmai harus mnyiapkan segalanya.. dimulai dari perijinan, pencarian inpormasi, pengolahan inpormasi dan lain sebagainya… yang tentulah itu tak mudah… semudah membalikan telapak tangan…
Namu, disamping kesukaan kjami, kami pun harus rela kehilangan dua siswa diantara teman kami di ujung semester karena terhambat amal… mereka itu yakni Firman dan satu temannya..
Semester 3
Perjalanan singgkat pn berlalu… mengawali perjalanan kami tanpa 2 orang teman nkami… tapi tak apalah yang sudah ya sudh, nasi sudah menjadi bubur….
Dan diawal pembelajaran di smester 3 ini yaitu ada yang ditunggu tunggu, Salahsatu acara khusus SMK yaitu proses pembelajaran mengunjungi Instansi2 contoh tempat pengaplikasian ilmu kita yang disebut KI Kunjungan Industri, dan kami angkatan pertama MM, mengunjungi sa;lah satu TV swadta, yaitu RCTI… Waktu kunjungan industry ini sungguhlah dinanti nanti oleh kami semenjak semester2 lalu… karena saking penasarannya kami… dan akhirnyasaat kunjungan industeri pun tiba… hingga giranglah hati kami untuk bersegera malakukannya, walau sebenarnya kocek kami harus terogoh lebih dalam lagi.. tapi tak apa demi sebongkah pembelajaran dan pengalaman baru yang tak terlupakan…
Sehari sebelm keberangkatan kami pun bersiap siap meyediakan bekal dan lainnya… berhubung berangkatnya nalam,maka kami pun prlu mengonap… dan untuk menginap kamiterbagi kedalam beberapa tempat penginapan… yakni di rmah2 teman yang posisinya dekat dengan posoisi sekolah, yang laki2 di rumah budi dan yang wanita di rumah hana, rini dan lainnya… dan ada pula yang di rumah Pak Hilman B, yang dul rumah itu masih merangkapsebagi tempat usaha yakni SQnet. Saat berngkat di pagi buta, dengan mata yang cukup ngantuk kami berjalan menuju mobil yang hendak membaw akita ke Jakarta, diperjalanan kami sungguh senang dan penasaran akan seperti apa nantinya.. bnrhubung perjalanan ,masih llama kami pun tiduyr sejenak dalam mobil, ………………. Setibanya dijakarta.. wduh cuaca alangkah panasnya trak terbandingkan hingga membuat kulitpun terasa terbakar hebat… tapi itu takapa demi pegalaman baru.. dengan menyaksikan gedung2 tinggi… gedng RCTI yang selama ini hanya bias disaksikan di TV kini dilihat dalkam nyata, bahkan kami bias masuk kedlam gedungnya dan mengetahui apa saja yang dlakukan sehingga gambar nyata bias tersiar kedalam Tv…. Dan kami puntak bias berlama lama disana karena berhubung waktu yang dimiliki oleh kami… sebelum pulang kami pun agak sedikit berlibur dulu ke pantai impian ancolk untuk sekedar rehat dan makan siang….. dan dari sana langsung pulkang ke kampong halaman Garut tercinta… dan kembali mengawali cerita di ekolah lagi dan bangun lebih pagi lagi dengamn iumpian tuk bias bekerja di Televisi station…
SEmester 4
Sesuai dengan acuan pendidikan system ganda ( PSG) yang dianut oleh SMK, kami belajar di dalam dan diluar ruangan, yakni kita bukan hanya belajar materi ,ateri saja yang diajarkan di ruang kelas, tapi kita juga belajar malaksanakan / mamanfaatkan materi materi itu kedlam prakteknya di dunia kerja atau yang biasa disebut dengan PKL atau Prakerin… yang sebenarnya PKL / Prakerin ini terbagi kedalam 2 kali pelaksanaan yakni satu kali di smester 4, dan satu kali lagi di smester 5 yang masing masing lamanya satu bulan, tapi ada juga yang hanya satu kali kalau di sekolahan lain mah….
Begitu pun dengan kita, kita melaksanakn  PKL / Prakerin yang pertama selama +_ satu bulan baik itu ke instansi pemerintahan atau pun ke dunia industri swasta.. pada awalnya, ya memang kai merasa gugup dan cukup tegang karena ini adalah pengalaman pertama kami seketika belajar di sekolah… tapi kami harus siap menghadapi semuanya.. ya itung itung mencari pengalaman yang tentunya berbeda dari kebiasaan di sekolah yang secara formalnya….. yakni kita harus menempa diri dan melatih diri untuk menjaga / meningkatkan kemandirian untuk melatih kedisiplinan, kerja keras, komitmen, kerja tim, dan juga tanggung jawab kita.

Ternyata, rasa gugup dan takutyang semula muncul diawal setelah kita masuk ke perusahaan ternyata itu semua sedikit demi sedikit mulai terkikis dengan rasa percaya diri dan keberanian yang perlahan muncul pada diri kami masing masing… dan selama kita melaksanakan Prakerin ternyata ilmu ilmu yang diajarkan disekolahpun teramalkan semua, bahkan banyak ilmu ilmu baru yang tak diajarkan disekolahkami derima dari tempat kami melaksanakan Prakerin… dan malahan ada yang terkenal diantara kami, ayng dulunya kurang bias dan dianggap tidak bias oleh para guru, ternyata setelah melaksanakan prakerin mereka malahan lebih unggul dari pada yang lainnya.. seperti Aan Subhanudin, Sugita Farida, Ade Lukman, Trisnu, Mulyani, Epit dan lain sebagainya… sungguh memeng pembelajaran di dunia kerja secara langsung dan diraktikan itu lebih mudah dibanding haya belajar materi saja. …………………. Satu  bulan pun telah berlalu, kami pun harus berkemas dari pelatihan yang luar biasa itu dan kembali melangsungkan belajar dengan seragam abu putihdi sekolah kamoitercinta.. tentunya dengan segudang ilmu baru dan tentunya pengalaman baru untuk dibagikan kepada teman teman yang lainnya…

Di hari pertama masuk, kami merasakan bahagia, karena selama satu bulan kita tak berjumpa, curahan kata kata pun bermunculan dengan cerita masing masing, ada yang banyak sukanya, ada yang banyak dukanya dan ada pula yang sedang sedang saja…. Hehe..
Hari hari berlalu dan kami harus kembali memompa semangat baru untuk meningkatkan prestasi kami, dengan belbagai cara kita coba demi yang terbaik. Dengan komposisi 50-50 membagi waktu antara belajar dan bermain…
Di ujung smester 4
Di penghujung smester 4, pembelajaran bukannya mereda, namun terasa lebih menggila.. kami ditantang untuk melaksanakan sebuah tugas yang menurut kami itusangatlah berat, yaknikita harus membuat sebuah pilem durasi minimal 5 lima menit dengan menggunakan naskah dan ide sendiri… dengan ide sekreatif mungkinlah.. mulao dari membuat synopsis, enokohan, serta yang paling sulit yaitu ketia membuat naskah nya. Mengapa?? Karena disana kita harus mencocokan dialog, dengan pencitraan sudut pandang gambar obyek yang ditampilkan… pokoknyamah ribet… jebanyakan dari kami menulis naskahnya di buku terlebih dahulu sebelum diketik untuk disalin ke Komputer. Satu minggu lebih kami mengerjakan tugas pembuatan Naskah pilem itu, dengan kerja keras yang maksimal dan sebisa kami demi harapan hasil yang maksimal dan memuaskan… walaupun selalu saja diganggu dengan rasa Malas dan kawan kawannya…. Hingga akhirnya kelar juga pembuatannya dan dikumpulkan untuk ditilai.. tanpa sempat membaca ulang, bagaimana hasilnya.. rtapi tak apalah yang hasilnya tidak merah.. hehe..
Setelah kami menyelsaikan tugas itu, ternyata tugas yang lain pun menunggu, kami harus mengerjakan tugas membuat Video klip dari sebuah lagu, yang tentunya menambah pusing kami.. tapi tak terlalu pusing karena saat ini kami ditugaskan secara berkelompok, satu kelas 2 kelompok, sehingga dari 2 kelas menjadi 4 kelompok…. Tugas yang ini lebih rumit, selain harus membuat naskah dan lainnya kita juga harus mengadakan shooting ( istilah:mengambil gambar) dan kami pun berlomba untuk menjadi yang terbaik dari yang lain, namun saying peralatan yang digunakan kurang memadai, jadi kami harus giliran untuk menggunakan peralatan peralatan untuk shooting itu… memnag jenuh dan pusing… nmun ditengah rasda jenuh dan diantara shooting kami bercanda untuk lepaskan rasa penat dengan bergaya dan berfoto bersama dan itu ternyata menambah rasapersaudaraan dan kebersamaan diantara kita… kadang sewaktu shooting kami menghadapi masdalah, seperti waktu yang bewrtabrakan, hujan, panas, baterai kamera habis, bahkan kaset video hasil shooting ada yang rusak… sehingga kami pun harus mengulang adegan dengan adegan baru..
Tapi, taka pa itu adalah sebuah pembelajaran baru, wawasan baru dan juga mudah2an dapat bermanfaat bagi kita dimasa mendatang…
“ PENGLAMAN BARU, SEMANGAT BARU”
2 Minggu telah berlalu, diantara kami ada yang sudah menyelsaian shootingnya dan ssudah ketahap editing, namun ada pula yang masih shooting… hingga satu bulan pun berlalu, dari 4 kelompok tugas yang mengumpulkan baru 3 kelompok, namun ada satu kelompok yang tidak mengumpulkan tugas…dan mungkin sampai saat ini juga belum usai…… dan dari ke 3 kelompok yang mengumpulkan tugas, yang terbaik adalah kelompok Mulyani, Iqbal dan Ade Lukman…yang ke 4 mungkin kelompok yang tak mengumpulkan tadi… hehe…
“ persahabatan, kawan dan teman, mencari jati diri dari watak yang terpendam dengan usaha yang bukan hanya diam melainkan dengan kerja keras disertai Do’a”
Semester 4 mulai berakhir,  dan …………………
………………
SEmester 5
Dan mengawali sejarah baru, semester 5…yang katanya semester singkat. Karena dipenuhi dengan aktipitas yangf cukup padat, yang berbeda dari semester 1-4… Pengalaman lalu, Kini terilang kembali.. yakni Belajar dan belajar lagi… bahkan tak sampai 2 minggu, kami pun harus melksanakan Prakerin yang kedua… yang pada prakerin ke 2ini penyebaran siswanya semakin luas, yang dulu hanya sebatas di Garut saja, tapi kini sudah menyebar sampai ke Bandung. Yang dulu sampai radio, kini sudah masuk ke industri penyiaran public TV, yakni ada yang di BANDUNG TV dan MQTV.
Y6ang mana ini merupakan kemajuan yang cukup pesat dari SMK NUURUL MUTTAQIIN Prog. MULTIMEDIA yang baru tumbuh tunasnya… Pada Prakerin yang kedua, memang tak se4tegang pkl yang pertrama, namun tetap saja rasa tegang itu tetap ada.. tapi tantangannya kita harus mencari tempat Prakerin sendiri tak seperti Prakerin  perrttama yang dicarikan oleh para guru dan sudah ditempatkan..
Namun, walaupun bingung kami akhirnya dapat menemukan tempat untuk prakerin dan melanjutkan pengalaman baru untuk diraih..menjalani kehidupan yang berbeda, melatih kemandirian, dan tanggung jawab serta untuk membangun karakter, mental di dunia kerja… dengan memanfaatkan peluang waktu yang ada dengan semaksimal mungkin.. walaupun bukan tanpa rintangan kami belajar. Rintangan itu selalu aja ada dan datang menghapiri kami..
Tentunya pada pengalaman prakerin kedua ini kami bertambah pulalah wawasan, relasi dan pengetahuan kami tentang dunia kerja yang mungkin akan kita hadapi setelah kita lulus nanti.. dan memori Prakerin ke 2 ini mungkin tak kan terlupakan begitu saja dengan kesan yang mendalam di dalam hati kami….
Semoga kami dapat mengali dan mengamalkan informasi yang didapat pada teman teman semua…
Sebulan pun tak terasa,kami harus segera kembali bergegas mengakhiri perjalanan prakerin ke 2 ini, yang mungkin tak akan  terulang lagi di masa nanti.. dan kami pun pulang kerumah kami dengan membawa segudang inpormasi dan pengalaman baru dan kembali untuk menggali inpormasi dari sekolah lagi dan bangun lebih pagi lagi, dengan semangat terbarukan untuk meraih bintang yangf dicita citakan pada aal pertama kita masuk ke SMK.
Sepulangnya dari Prakerin ke 2 kami tak dibiarkan bernapas lega, melainkan disuguhkan dengan ilmu2 baru dari guru tercinta, dengan ilmu yang semakin menanjak dan menantang.. selain materi yang seabrek, pemadatan dan ujian pun disuguhkan pada kami karena dalam waktu yang tak lama lagi, kami akan menghadapi sesuatu yang dianggap sacral yaitu “ Ujian Nasional” dan kami pun tak mau ketinggalan dan belomba lebih giat untuk menggapai inpormasi dan ilmu yang sebanyak mungkin.. dan kami sadar bahwa qita harus bersama sama lulus dan tak boleh berleha leha dalam belajar…
Dengan semangat
Akhirnyakami pun dapat melewati ujian ujian yang diberikan dan himngga khirnya semua tugas pun selsai dfikerjakan..tapi memang mungkin karena seharusnya begitu, seusai kami mengerjakan tugas yang satu, kami pun disuguhkan dengan tugas yang lain… dan kini pun tak lama setelah semuanya selsai tak berapa lama kemudian kami pun dihadapkan oada satu tugas baru, yang tentu kebih menantang bagi kami. Yakni kami harus membuat sebuah pentas drama.. sebenarnya memang ini merupakan satu pengalaman baru pada sebahagian siswa sehingga menarik untuk di ikuti, namun ada satu masalah yakni kita harus membuat naskah deramanya dengan menggunakan bahasa inggris.. dan harusdipentaskan satu bulan kurang… wah kan sulit bagi kami tuk mengerjakannya… tapi, no problem.. kami coba saja memanfaatkan kemempuan teman2 kami yang mampu menerjaamahkan bahasa Indonesia kedalam bahasa inggris dan juga sedikit bantuan Om Google… dan hingga khirnya kami pun dapat menyelsaikan tugas itu dalam weaktu dua minggu kurang dan selebihnya kami pergunakan untuk latihan dengan menggunakan waktu2 senggang yang kami miliki afn bahkan hari minggupun kami jadikan sebagai waktu yang tepat untuk latihan… dan akhirnya saat saat pertunjukasnpun tiba, kami harus sisap mental untuk menampilkan pertunjukan yang terbaik walau dengankostum yang seadanya tapi… semhangt kami sangatlahmembara dan kamo yakin bias… dengan perasaan gugup dan stress pun tak ayal menemani kai tapi tak apalah demi sebuah perjuangan yang patut di apresiasidengan sebaiknya….dan alhamdulillah pementasan pun usai… hatipun merasa lega meskipun masih ditemani p erasaan cemas pada kami tentang bagaimana hasilnya nanti.. tapi kami yakin kami telah persembahkan dengan semaksimal mungkin, soal hasil tawakkal saja… dan akhirnya setelah semuanya tampil, pengumuman  yang  diumumkan ada yang sasangat dan baik.. tapi menurut kami semuanya menang dan jadi yang terbaik..
Itulah salah satu hal yang paling megesankan bagi kami dalam mengerjakan tugas…

Singkatnya,
Perjalanan kamipun berlalu seiring berjalannya waktu,pengalaman baru, pendidikan baru kami terima…yang mungkin tak akan terlupakan dalam memori kami..baik itu tentang persahabatan, pertemanan, kesolidaritasan dan lain sebagainya..yang semuanya diuji dalam perosespemecahan suatu masalah yang ada diantara kami…sepertisalah paham, kecemburuan, ketidak adilan dan lainnya, namun kami tetap bias tu pechakan tu semua dengan cinta kasih diantara kita yang solid...
“andai kita ingat akan peristiwa peristiwa itu, sungguh kita akan terharu dan rindu melihat wajah wajah teman kita yang baik dan ramah dengan senum indah yang menentramkan hati kita yang gundah…”

Diakhir semester,
Kami dihadapkan pada sesuatu ketegangan yang bukan barang baru bagi anak anak sekolahan, yakni UAS(Ujian Akhir Sekolah) kasmipun harus berusaha lebih giat agar bias lulus danlancar ketika mengerjakan soal-soal nanti….perjalanan singkat kami pun ujian, ya walaupun masih disertai intrik intrik ketidak jujuran, diantara kami.. menconteklah, bertanya ama temanlah dan lain sebagainya.. namun ada pula yang jujur tapi tak banyak, hanya orang – orang tertentu saja..  dan akhirnya uian pun usai.. tinbggal kami menanri pembnagian raport, kami berada diantara kecemasan, antara naik dengan peringkat yang cukup memuaskan atau naik dengan peringkat kesatu dari bawah … hehe..
Kami takut kiranya peringkat kami menurun dan kami pun akan senang andai peringkat kami naik.. karena memang kami sadari, pada semester kali ini akmi memang kurang bias berkonsentrasi dengan baik terhadap mata pelajaran peajaran yang kami hadapi… sehingga muncul rasa ragu dalam diri kami untuk optimis, sehingga kami pun hanya bias bertawakkalapapun hasilnya nanti, itulah  gambaran usaha kami padsa semester 5 ini.. dan hasilnya setelah diumumkan memang ada yang peringkatnya naik dan ada pula yang turun dan ada pula yang bertahan… atpi walaupun begitu, kami tetap menghargai usaha yang kami lakukan… dan kembali kami harus berintrospeksi diri danle\bih meningkatkan usaha kami agar bisa lebih baik lagi pada semester 6 nanti….

Semester 6
“Perjalanan baru, semangat baru tuk buktiakn kamilah yang terhebat dari yanglain”
Kami pun mencoba untuk melebarkan sayapuntuk melintasi lautan ujian dan hinggap dipuncak tertinggi…Semester ini merupakan smester puncak, bahkan merupakan semester penentuan bagi kami.. apakah Lulus atau sebaliknya… tapi mudah2an saja semuanya lulus 100%.. itulah harapan kami, dan demi tujuan itu kami harus bias bersama sama meniungkatkan semangat kami untuk belajar.. dan tak boleh menyia nyiakan waktu yang tesisa sedikit ini..
Karena untuk bias Lulus, kami harus melewati 2 (dua) ujian besar, Yakni UJKOM (Uji Kompetensi) dan UN (Ujian Nasional). Yang mana ini merupakan ujian terbesarbagi kami dan kamipun harus bisa melewatinya dengan semangat dan belajar keras jika tak ingin ‘ngenog;’ di SMK tuk selamanya.
Namun, disamping rasa semangat kami yang tingfgi, hambatanitu tetap saja selalu ada, seoerti halnya jadwal pelajaran yang mestinya padat malah semakin renggangxbahkan ada jadwal pemadatanpun seperti tak di indahkan.. Sehingga merubah semangat kami yang tinggi menjadi mewlemah dan harus memepertahankannya agar tak ‘molor’ ditengah jalan.. sehingga dalam waktu.. saling menyalahkan pun terjadi..antara Siswa, Guru, Sekolah bahkan dengan Yayasan…. Sehingga akhirnya para gurupun semakin malas untuk mengfajar kami, hingga kamipun merasa menjadi korban dan terlantarkan..
Namun, sepertinya diantara pihak pihak yangyang berwenang tak ada yang peduli pada kami.. padahal kami adalah angkatan pertama ayng mestinya diutamakan dalam pendidikannya karena kami adalah ujung tombak pertama program Multimedia di SMK ini..
Dan kondisi yang seperti ini, kami harus puas dengan belajar yang seadanya saja, tanpa praktek yang memadai dan lainnya, bahkan perhatian yang dulu tinggi kini seakan sirna dan ditinggalkan…
Kamipun merasa miris dan agak sedikit kecewa, tapi tak apa semoga ini tak terulang lagi dimasa kehidupan kami.. dan sekolah ini.. mengapa?? Karena kami kasihan jangan jadian kami sebagai korban, karena banyak diantara kami kami yang belum memahami pembelajaran yangdisuguhkan, tapi apa yang dilakukan para guru…..?? ah hanya sebuah pertanyaan….
Ia itulah ceritanya..


Sebulan sebelum UN
Kami siswa siswi SMK Nuurul Muttaqiin program Multimedia angkatan pertama akanmenghadapi sesuatu ujian yang memanglah berat, yakni UJKOM dan UN untuk membuktikan Kompetensi yang kami miliki untuk bias siapbekerja dan berwirausaha setelah lulus nanti…namun untuk memanfaatkan waktu sebelum ujian, kami berlatih dan berlatih agar pada saatnya nanti, kami bisa SIAP.
UJKOM bagi angkatan kami adalah memang yang poertama kali, bahkan bagi guru guru program ini memng yang pertama kalinya.. sehingga para panitia pun belum bisa menyesuaikan diri dan mengatur serta memanajemen dengan teratur.. sehingga diantara kami pun seakan berleha leha, karena para panitianya jugaterlihat nyantai saja…namunh, satu hari sebelum waktu Ujkom, kami sibuk mencari data kesana kemari,  abik itu ke warnet dan lainnya… jangankan kami yang akan UJKOM panitian seakan tidak siap demnhagan itu semua.. materi unbruk bahan UJKOM belum tersalurkan dengan baik, peralatan yang dibutuhkan pun tak memadai, seperti halnya, omputer, kaset materi, media rekaman masih amburadul tak tersiapkan dengan baik. Sehingga menambah kekalutan pada pikiran kami..pada pengalaman pertama menghadapi UJKOM yang padahal itu merupakan salahsatu penentu kelulusan dan kesuksesan kami dimasa depan….
Tapi apa… sehinbgga hari ini H pun tiba, kami yang dulu bersemangat seakan layu tak bersemangat.. dan pihak panitia pun seakan tak menyambut kami dengan ramah… Namun, demi mencapai hasil yang maksimal, kamipun berusaha dengan semaksimal mungkin … Tugas ujian yang seharusnya 8 jam perhari selama 3 hari, ternyata tidak di indahkan.. kami malahan bekerja mengerjakan ujkom hamir 24 jam nonstop. Bahkan ada ytang rela menginap disekolah tanpa pulang kerumah bahkan makan sedanya saja… demi menyelsaikan tugasUJKOM ini…
Mata sembap, perut keroncongan, pakaian gak diganti himngga apekpun terasa lebihmenyengat.. tidur hanya sekejap mata, berharap rancangan segera selsai.. Namun sulit untuk bisda cepat…trabtangan demi tantangan coba kami taklukan .. dan itulah pertama kaliny kami lakukan demi sebongkah nilai tugas ujkom ssemaksimal mungkin…
Hari pertama
Menmang dilalui dengan agak sedikit santai dan agak lebih lebay.. kecewa dengan persediaan peralatan yang tak memadai, sehingga mengurangi kinerja kami yang ingin cepat cepat menyelsaikan Ujkom ini..
Hari kedua
Taklah jauhlah berbeda kondisinya demngan pengalaman hari pertama.. sehingga kegelisahan pun lebih terasa dan terlihat dari wajah teman2 semua yang agak ragu kerjanya akan hasil dengan lulus maksimal 100%. Waktu terasa lebih singkat, pagi siang malam tak terasa, sehingga diantara kami pun harus menginap disekolah demi menyelsaikaqn rancangannya.. begadanglah tentu merka, tanpa tidur sekejap mata..
…………Dengan semangatnya, pagi pun tak terasa menyambut mereka… teman2 yang baru dating merasa bangga [ada mereka yang bekerja keras, yang matanya sembap layu tak ber aura… dan itulah dihari kedua…hari dimana kami harus mencoba menyelsaikan rancangan baesar kami masing masing… Nmaun bertambahlah kegelisahan, gundan dalam hati kami dengan cepatnya…
Apalagi ada diantara kami ada yang belum mengerjakan apa2 dan ada pula diantara kamai yang hasil pekerjaannya hilang, hingga raut sedih dan putus asa pun tergambar dari raut wajahnya…
Tapi, panitia seakan tak menggubris dan kamipun coba saling Bantu untuk bisa Lulus bersama, walau jujur kerja kita belum selsai dengan karya yang sempurna dan tidak ada yang tertinggalwalau satupun diantara kami…
Solidaritas diantara kami, dan malam yang keduapun tiba, atau tepatnya malam terakhir kami berada disekolah, yang merupakan pengalaman paling mengesankan dalam perjalanan sekolah kami, bahkan dari jurusan lain kami adalahyang pertama melkaukannya 24 jam.. Sepanjang malam kami berhadapan dengan monitor computer, walaupun mata pedih merasakannya, mulut menguap serasa ingin tidur, tapi kami coba tetap bersemangat meski dengan kondisi yang lapar…demi menyelsaikan ini semua….
Sungguh tak tergambar perjuangan kami, semoga hasilnya maksimal semaksimalnya… malampun mulai surut, mata yang sembap merah tanpa tidur.. dan keluar dari lab dan menyaksi sudah pagi lagi…. Padahal tugas kami belum selsaim nbamun darus diselsaikan seusai salat subuh…
Kamipun bekerja kembali meneruskan rancangan.. dan teman teman yang lainpun sama, mulai berdatangan satu demi satu …. Dengan tujuan yang sama..
dan inilah cerita kami di hari ketiga..
banyak diantara kami yang menyita masa indahnya dengan segunung tugas yang perlu diselsaikan, ada yang optimis bisa menyelsaikan rancangannya, dan ada pula yang pesimis untuk bisa mengerjakannya edngan maksimal.. karena berhubung waktu yang hanya tinggal sedikit bahkan mepet’ dan karya yang masih belum diselsaikan masih banyak, sok padahal harus diselsaikan pada hari itu juga.. hanya bersabar, usahadan doa harapan agar bisa menyelsaikannya..
“memnga tak semudah membalikan telapak tangan..”
…waktu terus berjalan jam 8,9,10 dankamipun masih berusaha,dan alhamdulilah diantara kami ada yang sudah bisamenyelsaikan rancangannya, yang pertama selsai adalah Sugita Fraidasehingga rasa untuk menyusul pun semakin menggebu, apalagi ketika ada yang sudah selsai lagi waduh semakin panas aja..jam 11.00 pun berdentang saat presentasi karya pun dimulai.. diawali dari mereka yang pertama selsai dan disusul dengan yang lainnya yang sudahsiap untuk presentasi..
Namun, diantara kami ada yang belum selsai dengan rancangannyabahkan mungkin belum tersusun dengan baik seperti kami yang lain, sehingga lemas, putus asa, dan sedih pun tergambar dari raut wajahnya.. sehimngga kami pun berusaha untuk kembali mengembalikan semangatnya dan akhirnya iapun kembali semangat dan tersenyum dan itulah yangmembuat kami senang… waktupun semakin berlalu, malahan sudah senja.. tyapi tak menyurutkan semangat kami untuk menyelsaikannya dan presentasi.. dan akhirnya satu persatu dari kamipun bisa menyelsaikannya dan presentasi …
Namun, waktu sudah tunjukan jam 17 sore.. Wktu presentasipun diakhiri.. padahal baru beberapa orang yang presentasi.. tapi tak apalah.. yang penting rancangan kami selsai dan tinggal dinilai saja… walaupun tanpa presentasi, kami berharap bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha kami yang bekerja keras selama 3 hari nonstop.
            “dan itulah pil pahitnya..”

0 tanggapan:

Posting Komentar

terima kasih